Rabu, 21 Maret 2012

Batik SRI SUSANTI

   Seni batik telah hidup subur di indonesia, dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat dari generasi ke generasi. Walaupun batik yang kita kenal sekarang merupakan batik yang berasal dari puluhan tahun silam  yang hingga saat ini tidak begitu banyak mengalami perubahan baik dalam masalah bahan, cara pembuatan maupun coraknya.

   Batik merupakan ciri khas budaya suatu daerah yang diwariskan secara turun-temurun, walaupun pada era modern ini telah berkembang banyak pengetahuan mengenai ilmu pertekstilan. Namun keberadaan Batik Tulis di Kabupaten purworejo masih dapat dijumpai dengan ciri, motif dan corak yang khas dari beberapa kecamatan antara lain : Kecamatan bagelen, Kecamatan Banyuurip, Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Grabag.

   Batik adalah karya leluhur bangsa indonesia yang teramat indah, dimana setiap daerah yang konon kabarnya pernah didatangi oleh priyayi luhur dari suatu kerajaan dan menetap ,salah satunya dinamakan petilasan Pangeran Wijayakusuma, yang terletak didesa Grabag, Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah.

   Penduduk sekitar selain bertani mempunyai pekerjaan sampingan membatik, banyak motif-motif batik pada waktu itu dikenal oleh daerah lain. Seiring degan perkembangan jaman, batik Banyuurip hampir punah. Sebagai generasi penerus saya berusaha NGURI-NGURI BUDAYA LUHUR BANGSA INDONESIA, khususnya batik Grabag agar dapat berpartisipasi dalam mengembangkan nilai-nilai budaya Bangsa.

   SRI SUSANTI merupakan salah satu pengrajin Batik yang berasal dari Kecamatan Grabag desa Duduwetan. Dia merupakan ketua sentra batik desa duduwetan yang merupakan salah satu desa kerajinan di Kabupaten Purworejo. Usaha yangtelah digelutinya dari tahun 2004 ini telah menjadikan suatu mata pencaharian tersendiri dari beliau dalam upaya memenuhi kebutuhan sehari-harinya. dengan dibantu oleh satu orang pekerja dalam satu bulan beliau dapat menyelesaikan 6 lembar Kain selendang yang dapat digunakan sebagai bahan pakaian ataupun selendang.
    Bahan kain yang digunakan antara lain adalah kain primisima, kereta kencana dan sutera tergantung dari permintaan atau pemesanan konsumen. Hasil batikan dari beliau merupakan hasil batikan yang halus dan rapi. kombinasi warna yang dihasilkan sangat kombinatif dan hasil pembatikan tidak kalah dengan hasil dari batik printing yang hasilnya dapat diproduksi dengan cepat namun kualitas yang diperoleh sangat jauh dan belum mampu bersaing dengan batik tulis.


Contoh Batik yang dihasilkan :


Motif Kala Tarung

Melati Secontong

Batik Abang Putih

Melati Secontong

Batik Laler Menggeng
Kawung Kopi Pecah
Kawung


jika anda berminat dapat menghubungi ibu SRI SUSANTI   dengan 
Kontak Person : 085329327692
desa duduwetan Rt 01/Rw 02, duduwetan, grabag, kutoarjo Purworejo Jawa tengah..








KUALITASLAH YANG KAMI BERIKAN!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo beri masukan untuk perkembangan blog kamii..